Sumber Antioksidan

Antioksidan – Senjata Ampuh Pembasmi Penyakit




Sumber Antioksidan

Sumber Antioksidan

Antioksidan seringkali disebut-sebut sebagai senjata ampuh bagi penyakit. Mengapa ? Jawabannya, karena Antioksidan dapat membantu mencegah proses Oksidasi bahan-bahan Reaktif yang dikenal dengan nama Radikal Bebas (RB). Radikal Bebas ini diproduksi sebagai bagian dari sistem pertahanan tubuh yang alami dan dihasilkan oleh berbagai proses kimia yang cukup kompleks, yang berlangsung di dalam sel-sel tubuh kita.

Musuh Antioksidan

Berbagai kebiasaan yang Anda lakukan, seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, diet tinggi lemak, pancaran sinar matahari dan polusi udara dapat menyebabkan tubuh mengasilkan RB lebih banyak lagi. Secara alami tubuh telah “dipersenjatai” oleh Antioksidan, namun gempuran RB disekitar kita membuat jumlah RB melebihi cadangan Antioksidan di dalam tubuh dan akan menonaktifkan berbagai enzim, mengoksidasi lemak dan dapat mengganggu atau merusak materi genetik pula. Proses-proses tersebut sering disebut sebagai proses oksidasi, telah dikaitkan dengan proses penuaan dan berbagai penyakit tertentu seperti penyakit kanker dan penyakit jantung.

Suplai Antioksidan

Ketika jumlah Antioksidan di dalam tubuh kita menurun, tubuh perlu suplai Antioksidan untuk tetap sehat. Beberapa Antioksidan yang sudah terkenal antara lain : Vitamin C, E, Beta Karoten, Seleniumm dan Cuprum. Sesungguhnya jika mengikuti pola makan yang sehat, cadangan Antioksidan di dalam tubuh kita sudah mengandung beribu-ribu Antioksidan. Dan mungkin cara kerja Antioksidan ini akan lebih efektif bila saling  dikombinasi, untuk saling meningkatkan cara kerjanya. Bila berdiri sendiri, Antioksidan memiliki efek yang berbeda. Jika beragam Antioksidan dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan, bahan-bahan lain yang terkandung didalam makanan mungkin bisa saling membantu agar tubuh dapat memperoleh manfaat dari kesemuanya.

Cukup Antioksidan

Ahli nutrisi menganjurkan untuk melakukan Diet sehat seimbang, namun bila Anda merasa kebutuhhan akan Antioksidan  masih belum mencukupi, lengkapi dengan Suplemen Antioksidan, seperti tablet Vitamin atau mineral. Jadi pastikan “senjata” Antioksidan anda tidak kehabisan amunisi agar kesehatan tetap menjadi milik Anda.

ADD YOUR COMMENT