Home / Health / Penyakit Batu Ginjal

Penyakit Batu Ginjal

Batu Ginjal
Batu Ginjal

Batu Ginjal – Jika anda pernah mengalami Penyakit Batu Ginjal, anda tidak akan pernah melupakan pengalaman ini, karena terasa amat menyakitkan. Lebih jauh, Batu Ginjal (renal lithiasis) merupakan penyakit yang telah diderita manusia selama ribuan tahun. Peneliti memiliki bukti bahwa mereka menemukan jejak dari Batu Ginjal pada mumi (mayat yang diawetkan) yang telah berusia 7.000 tahun.

Saat ini, jutaan orang di dunia menderita penyakit ini setiap tahun dan angkanya terus bertambah. Resiko anda terkena Batu Ginjal sepanjang hidup adalah 10 persen, seperti yang dipublikasikan Mayo Foundation for Medical Education and Research

Batu Ginjal seringkali muncul di urin, karena suatu sebab, menjadi bentuk padat. Hal ini disebabkan mineral dan substansi lain dalam urin membentuk kristal pada permukaan dalam ginjal. Jika berkelanjutan, kristal ini terkombinasi membentuk batu yang keras.

Indikasi dan Gejala Batu Ginjal

Gejala baru akan timbul jika batu ginjal dalam ukuran besar atau mulai menyumbat kencing atau terinfeksi. Gejala yang sering muncul adalah nyeri perut yang berfluktuasi pada intensitas antara 5 sampai 15 menit. Nyeri ini biasanya dimulai pada punggung atau pinggang. Saat batu turun ke kantung kemih, rasa sakit akan menyebar pada selangkangan. Jika batu berhenti bergerak, rasa sakit ikut terhenti. Indikasi dan gejala lain diantaranya:

  • Pada air kencing terdapat pendarahan, keruh atau berbau busuk
  • Mual dan muntah-muntah
  • Terlalu sering ingin kencing
  • Demam jika telah terjadi infeksi

Penyebab Batu Ginjal

Ginjal anda terdiri dari dua organ, masing-masing sebesar kepalan tangan, berlokasi di perut bagian bawah, di kedua sisi dari tulang belakang. Ginjal adalah bagian dari sistem komplek dengan fungsi membuang kelebihan cairan dan substansi yang tak berguna dari darah.

Ada 4 jenis utama dari batu ginjal, masing-masing cenderung memiliki penyebab berlainan, diantaranya:

  1. Batu Kalsium. Sekitar 75 sampai 85 persen dari batu ginjal adalah batu kalsium. Batu ini biasanya kombinasi dari kalsium dan oksalat, timbul jika kandungan zat itu terlalu banyak di dalam urin, selain itu jumlah berlebihan vitamin D, menyebabkan tubuh terlalu banyak menyerap kalsium. Obat-obatan yang mengandung hormon thyroid dan diuretics (pelancar kencing) dan kanker tententu.
  2. Batu Asam Uric. Batu ini terdiri terbentuk dari asam uric, produk sampingan dari metabolisme protein. Jika anda diet ketat pada ikan, menyebabkan kelebihan jumlah asam uric pada urin, demikian pula jika anda diharuskan menjalani kemoterapi akan mengalami hal yang sama.
  3. Batu Struvite. Mayoritas ditemukan pada wanita, batu struvite biasanya diakibatkan infeksi saluran kencing kronis, disebabkan bakteri. Batu ini jika membesar, akan menyebabkan kerusakan serius pada ginjal.
  4. Batu Cystine. Batu ini mewakili sekitar 1 persen dari batu ginjal. Ditemukan pada orang dengan kelainan genetik, sehingga ginjal kelebihan jumlah asam amino.

Faktor Resiko Batu Ginjal

Beberapa faktor yang meningkatkan resiko anda terkena batu ginjal antara lain:

  • Keluarga atau riwayat pribadi. Jika seseorang dalam keluarga mempunyai batu ginjal, anda ada kemungkinan terkena batu ginjal pula. Dan jika anda pernah mempunyai satu atau lebih batu ginjal, resiko terkena juga meningkat.
  • Usia dan jenis kelamin. Mayoritas orang yang terkena penyakit batu ginjal dengan usia antara 20 sampai 40 tahun. Pria lebih banyak terkena dibandingkan wanita, walaupun untuk sebab yang belum pasti, saat ini angka penderita batu ginjal pada wanita meningkat pesat.
  • Ginjal hanya satu. Walaupun mayoritas orang memiliki 2 buah ginjal, satu dari 1.500 bayi terlahir hanya dengan satu ginjal. Banyak orang hidup normal dengan satu ginjal, tapi mereka beresiko tinggi terkena batu ginjal.
  • Pola makan. Jika kurang makanan yang mengandung sayuran, buah dan sereal, meningkatkan resiko terkena penyakit ini.
  • Kekurangan cairan. Jika anda tidak cukup minum, khususnya air putih, urin anda akan mengandung konsentrasi tinggi dari substansi yang dapat membentuk batu. Juga resiko meningkat jika anda hidup di daerah panas, beriklim kering, bekerja di lingkungan dengan suhu panas seperti dapur komersial atau banyak beraktifitas tapi tidak banyak minum sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang.
  • Tidak banyak bergerak. Anda cenderung beresiko tinggi terkena batu ginjal jika aktifitas sehari-hari hanya duduk-duduk atau terlalu lama di tempat tidur karena suatu penyakit. Hal ini dikarenakan kurangnya aktifitas yang menyebabkan tulang melepaskan lebih banyak kalsium.

Komplikasi Batu Ginjal

Jika batu ginjal berada di dalam salah satu ginjal Anda, biasanya tidak menimbulkan masalah kecuali jika membesar dan menyumbat aliran kencing. Hal ini penyebab rasa nyeri dan perut bagian bawah terasa keras seperti tertekan, disertai kerusakan ginjal, pendarahan dan infeksi. Batu ginjal dalam ukuran kecil dapat menyumbat salurang kencing yang terhubung masing-masing ginjal pada kantung kemih. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing dan kerusakan ginjal.

Pencegahan Batu Ginjal

Dalam banyak kasus anda dapat mencegah pembentukan batu ginjal dengan minum air putih dalam jumlah cukup dan hidup dengan pola makan sehat. Jika usaha ini tidak efektif dan hasil tes urin dan darah menunjukkan adanya pembentukan batu dan semakin membesar, dokter akan merekomendasikan tindakan medis tertentu.

Perubahan Gaya Hidup Batu Ginjal

Jika anda pernah memiliki batu ginjal, paling tidak anda harus minum air putih 8 gelas tiap hari, bahkan dianjurkan lebih karena Indonesia memiliki suhu panas dan beriklim kering. Walaupun semua cairan yang diminum dihitung, air putih adalah pilihan terbaik.

Jika anda mempunyai kecenderungan adanya pembentukan batu kalsium, dokter akan merekomendasikan berpantang makanan yang mengandung daging, khususnya organ dalam (jeroan) seperti hati , ayam, ikan laut, asparagus, coklat dan bayam yang dimasak. Penelitian menunjukkan bahwa diet yang menghindari garam dan daging binatang, akan mengurangi resiko timbulnya batu ginjal.

About admin

Check Also

Make Healthy Food for your Kids

Ways to Make Healthy Food for your Kids Tasty and Not Boring

It is usually observed that children can’t wait for the meal time. They always require …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *